Perpustakaan Ledalero

aNama Perpustakaan Ledalero, diambil dari nama Perpustakaan Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero. Pemilik Perpustakaan ini ialah Seminari Tinggi Santo Paulus, Ledalero. Seminari Tinggi ini adalah Lembaga Pendidikan Calon Imam Pribumi dan dikelolah oleh Tarekat Societas Verbi Divini (SVD), atau Serikat Sabda Allah, sebuah Tarekat misioner internasional. Sejak berdirinya Seminari Tinggi ini pada tahun 1937, Perpustakaan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari karya pendidikan calon imam di Seminari Tinggi ini yang sesungguhnya merupakan satu Pendidikan Perguruan Tinggi.

          Koleksi buku-buku dan majalah dalam Perpustakaan ini pada waktu itu terutama dalam bahasa Belanda, Jerman dan Latin. Maklumlah, para dosen di Lembaga ini semuanya adalah para imam dari Belanda dan Jerman. Bahasa Latin merupakan bahasa pengantar kuliah, karena demikianlah tuntutan Gereja pada masa itu. Calon imam memang sejak dari Seminari Menengah (di Todabelu- Ngadha) sudah belajar bahasa Latin.           

           Koleksi buku-buku dan majalah terutama berhubungan dengan Ilmu Teologi, Filsafat, Misiologi dan Agama. Terdapat juga koleksi buku-buku dalam Ilmu Sosial, Sejarah, Kesenian, dll dalam jumlah sedikit. Buku-buku dalam bahasa Indonesia sangat sedikit. Keadaan ini berlangsung hingga tahun 1960-an, dan sesudahnya mulai masuk pula koleksi buku-buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

          Sejak tahun 1970-an Seminari Tinggi ini mengikuti peraturan pemerintah Republik Indonesia dalam bidang Perguruan Tinggi dan para mahasiswanya (calon imam) mengikuti ujian Negara dan menerima gelar kesarjanaan yang dimulai dengan Sarjana Muda dan kemudian dalam tahun 1980-an dengan gelar sarjana atau S1. Status Sekolah pun berubah menjadi Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero. Beriringan dengan perjalanan waktu, koleksi buku-buku dan majalah di Perpustakaan Ledalero, semakin bertambah, baik mengenai bidang Teologi, Filsafat, Misiologi, Agama, maupun berbagai cabang ilmu sosial dan budaya. Menurut peraturan Negara, STFK harus memiliki Perpustakaan, maka pimpinan Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero mengizinkan Perpustakaan Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero boleh dipergunakan STFK, namun kepemilikan tetap pada Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero. Kini Perpustakaan ini dikenal dengan nama Perpustakaan Ledalero.                        

          Sejak tahun 1970-an, sistem klasifikasi buku yang sebelumnya memakai sistem abjad, dialihkan ke sistem klasifikasi desimal (Dewey Decimal Classification) yang dipakai dalam dunia perpustakaan internasional. Klasifikasi dilengkapi dengan sistem katalogisasi, baik dalam kartu-kartu katalog maupun dalam komputer. Perpustakaan dilengkapi dengan perangkat komputer yang dapat dipakai mahasiswa untuk mengakses buku atau pun keperluan internet. Ke depan, Perpustakaan Ledalero akan dilengkapi dengan sistem E-Library, atau perpustakaan elektronik. Selain buku-buku, sekitar 10.000 judul,  tersedia pula majalah-majalah ilmiah dalam bahasa Inggris dan Indonesia.                         

          Perpustakaan Ledalero ini sering pula dipergunakan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi dan Universitas dari luar yang membutuhkan rujukan. Juga para peneliti baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri sering mencari sumber penelitian pustakanya di Perpustakaan Ledalero. Buku-buku tua dalam bahasa Belanda dan Jerman diberi ruang tersendiri, sementara buku-buku khusus berhubungan dengan berbagai topik mengenai Flores dan Nusa Tenggara Timur mendapat ruangnya sendiri.                                                      

        STFK telah banyak menyumbang untuk pengadaan buku-buku dan perlengkapan di perpustakaan Ledalero ini seperti komputer, lemari, meja, kursi, rak buku. Para pegawai yang mengurus perpustakaan ini digaji oleh STFK. ***   

Perpustakaan dikelola secara baik dan teratur. Perpustakaan dibuka setiap hari kerja dari hari Senin sampai dengan Sabtu, mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.00 WIT. Terdapat lima orang pegawai perpustakaan yang melayani mahasiswa dan dosen di perpustakaan dalam hal peminjaman dan pengembalian buku.

Setiap hari minimal 250 mahasiswa (35%) dan 40 dosen (75%) mengunjungi perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku.

No.

Jenis Pustaka

Jumlah Judul

Jumlah Copy

Cetak

Elektronik

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1

Buku teks

106.326

-

127.894

2

Jurnal nasional yang terakreditasi

3

-

141

3

Jurnal internasional

57

-

3.370

4

Prosiding

 

 

 

 

TOTAL

106.386

-

131.405

Selama ini model pelayanan di perpustakaan STFK Ledalero menggunakan sistem komputer yang terhubung hanya dengan jaringan intranet, semua perangkat yang digunakan pada unit perpustakaan STFK Ledalero saling terhubung dalam sebuah jaringan LAN dengan database yang terintegrasi.

Tetapi sejak Desember 2015, bersamaan dengan pembaruan sistem informasi pada semua unit kerja STFK Ledalero yang perlahan-lahan beralih dari sistem intranet (LAN) ke sistem internet (online), sistem informasi dan falisitas dalam hubungan dengan pelayanan di perpustakaan STFK Ledalero mulai menggunakan E-library yang dapat diakses melalui alamat elibrary.stfkledalero.ac.id

                                                          

d

 WELCOME!                                                                                           

         Gambaran singkat mengenai Perpustakaan Ledalero ini  kiranya dapat menggugah hati para pemustaka (user), yakni para mahasiswa, dosen, peneliti, bahkan juga masyarakat luas untuk berani mengakses berbagai ilmu pengetahuan yang tersimpan  dalam perpustakaan ini. Perpustakaan ini menganut sistem tertutup artinya pemustaka tidak dapat sendiri mengambil buku yang diminati, melainkan harus melalui pelayanan pustakawan. Pemustaka mencatat judul buku atau pengarangnya sesuai dengan yang tertera pada kartu katalog atau list buku di komputer, dan menyerahkannya kepada pustakawan yang bertugas di meja konter, dan pustakawan akan mencarikan buku tersebut di rak buku yang sesuai. Selanjutnya, pemustaka  dibantu oleh pustakawan untuk memenuhi peraturan dan prosedur peminjaman dan pengembalian buku.                                             

         Jam buka dan pelayanan perpustakaan sesuai dengan jam sekolah STFK, Pustakawan siap melayani pemustaka dengan tertib, ramah dan bersahabat. Saat ini ada dua pustakawan dengan latar belakang pendidikan sarjana perpustakaan, dan dibantu tenaga teknis lainnya. Akhir kata, Selamat Datang, Selamat Menimbah Ilmu di Perpustakaan Ledalero! WELCOME!

seminari ledalero ristek dikti stfk logo part perpus cogito plti sumur yakup penerbit ritapiret kopertis8