Program LPPM

18 April 2017 Program LPPM

PROGRAM LPPM STFK LEDALERO


Dalam rangka mengimplementasikan visi dan misi STFK Ledalero, LPPM berusaha mendorong, memfasilitasi dan merancang program penelitian dan pengabadian masyarakat oleh civitas akademika STFK Ledalero, baik yang dilakukan oleh dosen maupun oleh para mahasiswa.

1. Di Bidang Penelitian

Untuk tahun akademik 2015/2016, LPPM STFK  menggeluti penelitian filsafat dan teologi dalam dialogue dengan ilmu-ilmu sosial dengan kegiatan utama berikut ini:

  1. 1. Penerbitan Journal STFK
  • Journal STFK diterbitkan 2 kali dalam satu tahun.
  • Kegiatan ini akan diawali sidang staf LPPM pada awal tahun untuk menentukan tema umum penelitian.
  • Tema umum penelitian diambil berdasarkan permasalah sosial yang sedang menjadi tantangan dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Setelah itu tema-tema turunan dari tema utama ditawarkan kepada para dosen dan mahasiswa untuk dibuat penelitian yang kemudian ditanggapi dalam terang filsafat dan teologi Katolik.
  • Hasil penelitian ini masing-masing dosen akan di-peer-riview oleh tim LPPM STFK Ledalero dan hasil penelitian yang dinyatakan layak akan diterbitkan dalam Journal STFK Ledalero.
  • Journal diterbitkan bulan Juni untuk penerbitan hasil penelitian yang dilakukan dari bulan Januari hingga bulan Mei dan bulan Desember untuk penerbitan hasil penelitian yang dilakukan dari bulan Juli hingga bulan November.
  1. 2. Penerbitan Majalah Kampus  STFK
  • Majalah Kampus Civitas Academica diterbikan dua kali setahun yakni bulan Juni dan Desember.
  • Majalah Kampus adalah majalah yang menerbitkan hasil penelitian para mahasiswa STFK Ledalero.
  • Tema umum penelitian diambil berdasarkan permasalah sosial yang sedang menjadi tantangan dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Setelah itu tema-tema turunan dari tema utama ditawarkan kepada para mahasiswa untuk dibuat penelitian di bidang sosial, ekonomi dan politik yang kemudian ditanggapi dalam terang filsafat dan teologi Katolik.
  • Hasil penelitian ini dari para mahaswa yang berminat dan berbakat untuk penelitian ini di-peer-riview oleh tim mahasiswa sendiri yang bantu oleh LPPM STFK Ledalero dan hasil penelitian yang dinyatakan layak  diterbitkan dalam Majalah Civitas Academica Ledalero.
  • Journal diterbitkan bulan Juni untuk penerbitan hasil penelitian yang dilakukan dari bulan Januari hingga bulan Mei dan bulan Desember untuk penerbitan hasil penelitian yang dilakukan dari bulan Juli hingga bulan November.
  1. 3. Memfasilitasi Penelitian Para Dosen
  • Di STFK Ledalero, para dosen diberi ruang seluas-luasnya  untuk melakukan penelitian sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Untuk penelitian jenis ini, setelah mempresentasikan proporsal penelitian dan disetujui oleh Senat Dosen dan Staf LPPM, seorang dosen melakukan sebuah penelitian.
  • LPPM memantau hasil penelitian hingga presentasi hasilnya dan bila dianggap layak akan direstui untuk diterbitkan dalam bentuk buku.
  1. 4. Menyelenggarakan Seminar Nasional sebanyak dua kali setahun.

 

2. Di Bidang Pengabdian Masyarakat

       Di bidang pengabdian masyarakat, para dosen STFK dan mahasiswa Ledalero   pelbagai macam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai berikut:

  1. Memimpin misa hari Minggu pada setiap akhir pekan di berbagai paroki di Kota Maumere dan sekitarnya.
  2. Memimpin upacara pemberkatan perkawinan dan misa penguburan orang mati di wilayah kota Maumere dan sekitarnya.
  3. Memberikan rekoleksi dan retreat untuk pelbagai kelompok masyarakat: anak-anak, remaja, mahasiswa dan orang dewasa di paroki-paroki dan sekolah-sekolah.
  4. Mengadakan penghijauan dan penghutanan kembali di gunung-gunung dan sekitar mata air menjelang musim hujan setiap tahun.
  5. Bersama LSM ikut mengadvokasi masyarakat yang menjadi korban pelanggaran HAM seperti korban human trafficking.
  6. Para Mahasiswa mengadakan Live-In (tinggal bersama) masyarakat di paroki-paroki Gereja Katolik di daerah-daerah terpencil selama satu minggu.

 

Setiap kegiatan ini direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi pada akhir bulan atau akhir semester dan akhir tahun.

 

Dr. Alexander Jebadu SVD                                                                                                                                                          Bernadus Raho, MA

Ketua LPPM STFK Ledalero                                                                                                                                                        Ketua STFK Ledalero

 

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret kopertis8