PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

CARA UNIK PARA FRATER MAHASISWA STFK LEDALERO DI MAUMERE RAYAKAN NYEPI

16 March 2018 Mahasiswa

Sebanyak 15 Calon Pastor (Frater) dari Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero punya cara unik untuk merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940. Bersama umat Hindu yang berada di Kota Maumere, mereka ikut berdoa bersama di Pura Waidoko, Jumat (16/3/2018) siang.

Tak hanya ikut berdoa, para mahasiswa pasca sarjana ini juga menggunakan busana doa layaknya umat Hindu pada umumnya. Mereka memakai baju kemeja berwarna putih dan pada bagian kepala mereka mengenakan udeng (destar). Mereka juga menggunakan sesaput atau semacam selendang yang diikatkan di pinggang dan tentunya kain yang terbuat dari sutra.

Selama upacara di Pura Waidoko, para frater tampak serius mengikuti setiap rangkaian upacara yang dijalankan. Setelah itu, mereka saling berjabat tangan satu sama lain sambil berbincang-bincang dengan pendeta yang memimpin upacara doa di Pura Waidoko.

 

Menurut pastor yang mendamping para frater, pater Hendrikus Maku,SVD, keterlibatan para frater dalam doa menyongsong hari raya Nyepi di Pura Waidoko merupakan wujud silaturahmi dengan agama lain. Selain silaturahmi, mereka juga mengadakan dialog seputar ritus keagamaan yang dijalankan.

Pater Hendrik menjelaskan, silahturahmi dan dialog dengan umat yangberagama Hindu di Maumere merupakan implementasi dari materi perkuliahan Ilmu Perbandingan Agama yang dipelajari para frater di STFK Ledalero.

“Saya berpikir tidak cukup kalau para mahasiswa ini mempelajari Ilmu Perbandingan Agama hanya lewat buku dan berkutat dengan ensiklopedia dari dalam ruang perkuliahan saja. Mahasiswa harus membaca ensiklopedia hidup di lapangan. Karena itu, kami ikut kegiatan doa di Pura Waidoko menjelang perayaan Nyepi,” ungkap Dosen pengasuh mata kuliah Ilmu Perbandingan Agama ini.

Dosen yang mengajar mata kuliah Islamologi ini juga mengakui, lewat dialog dan silahturahmi terus-menerus antarumat beragama, kerukunan yang sudah lama terjalin akan semakin kokoh. Dengan demikian benih-benih radikalisme yang dapat merusak bangsa Indonesia tidak akan berkembang.

Sebelumnya, para frater dari STFK Ledalero juga mengadakan dialog dengan umat agama muslim di Maumere khususnya di Mesjid Al-Mujahidin Geliting.(tos)

rayakn nyepi 8rayakan nyepi 7rayakan nyepi 6rayakan nyepi 5rayakan nyepi 4rayakan nyepi 3rayakan nyepi 2rayakan nyepi 1

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret kopertis8