PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

MAHASISWA STFK LEDALERO IKUT SERIAL DISKUSI MEMERIAHKAN EVEN MAUMERELOGIA III: FESTIVAL SASTRA DAN TEATER

03 November 2018 Mahasiswa

WhatsApp Image 2018 11 06 at 10.57.44Komunitas KAHE bekerja sama dengan Seksi Sastrawi Senat Mahasiswa STFK Ledalero mengadakan kegiatan serial diskusi dalam rangka memeriahkan even Maumerelogia III: Festival Sastra dan Teater. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 3 November 2018 bertempat di halaman depan Aula St.  Thomas Aquinas Ledalero. Sebagian besar peserta diskusi yang hadir berasal dari STFK Ledalero, Universitas Nusa Nipa Maumere, perwakilan dari SMA di Maumere, para alumni, dan anggota Komunitas KAHE.

Adapun tema yang diangkat yaitu Gelombang Kapitalisme dan Arus Budaya Massa. Elvan de Porez, dalam sambutan pembuka diskusi mengatakan kegiatan ini berada di bawah tema besar Maumerelogia III Tsunami, Tsunami. “Tsunami tidak hanya sebuah realitas historis tetapi sebuah realitas metaforis. Tsumani bukan hanya sebuah fenomena alam melainkan sebuah fenomena sosial.” Tegas Elvan dalam sambutannya. Sesungguhnya kegiatan Maumerelogia III ini hendak membaca kembali peristiwa Gempa dan Tsunami Maumere pada tahun 1992. Refleksi atas peristiwa itu dimaknai tidak hanya sebatas kejadian alamiah, tetapi ditafsir secara metaforis sesuai konteks perkembangan dan tantangan kehidupan sosial, ekonomi, keudayaan, politik, agama, dan aspek penting lainnya.

Kegiatan serial diskusi ini menghadirkan tiga pembicara yakni pertama, Silvano Keo Bhagi, seorang jurnalis dan penulis Buku Negara Bukan-Bukan, kedua, Gregorius Afioma, peneliti di Lembaga Sun Spirit Labuan Bajo dan ketiga, Ibu Rini Kartini, dosen komunikasi di Universitas Nusa Nipa Mumere. Selain para  pembicara di atas, hadir pula Are de Peskim, peneliti dan jurnalis di Lingkardesa.com. Kegiatan serial diskusi ini dipandu langsung oleh Ketua Komunitas KAHE, Eka Putra Nggalu.WhatsApp Image 2018 11 06 at 10.57.431

Dalam serial diskusi yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini, pembicara pertama, Silvano Keo Baghi membawakan materi tentang Kemiskinan, Neoliberalisme, dan Organisasi Kelas Pekerja. Menurutnya, organisasi para kelas pekerja itu penting dilakukan untuk melawan dan menciptakan tatanan kehidupan yang lebih adil. Neoliberalisme hadir dengan kekuatan besar dan merampas hak hidup masyarakat kecil. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa ketidakadilan pembangunan hanya bisa dilawan apabila tumbuh kesadaran bersama untuk menata kembali ruang dan relasi dalam kehidupan bersama.

Sedangkan Gregorius Afioma lebih memfokuskan arah pembicaraannya tentang ketimpangan ruang pembangunan yang terjadi di Labuan Bajo. Beliau membeberkan sejumlah hasil penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Sun Spirit mengenai pengaruh pembangunan ekonomi terhadap kehidupan sosial di Labuan Bajo. Sementara itu Ibu Rini Kartini dalam presentasinya mengungkapkan dengan tegas gelombang kapitalisme dan arus budaya masa yang sedang menggerogoti media di Indonesia. Ibu Rini yang juga menjadi Pemimpin Redaksi di Mumere TV ini menegaskan bahwa saat ini media seringkali bertendensi mengangkat hal-hal yang tidak substantif dan melihat publik sebagai pasar semata.

Are de Peskim kemudian menanggapinya dengan menyatakan bahwa media sebagai sebuah ilusi. “Globalisasi bukan hanya semata perkembangan teknologi dan komunikasi, tetapi juga sebuah ekspansi modal. Investasi dilihat sebagai katalisator kemajuan dan bukan pada sasaran kesejahteraan bagi masyarakat”, tegasnya.

Kegiatan serial diskusi ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari  STFK Band,  Kevin Project, Anak Cabang Akustik, dan Komunitas Huruf Kecil. Kegiatan ini berakhir dengan penyerahan cinderamata berupa buku Antologi Tsunami kepada para pembicara, penanggap, dan perwakilan Senat Mahasiswa STFK Ledalero. (Fian Watu)

 

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret kopertis8