PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT PERLU MENDUKUNG LEMBAGA PENDIDIKAN KATOLIK

22 January 2019 Mahasiswa

Lembaga pendidikan katolik pada umumnya termasuk lembaga pendidikan seminari menengah dan seminari tinggi masih dilanda oleh berbagai persoalan dan kesulitan. Kesulitan-kesulitan itu salah satunya merupa dalam kesusahpayahan lembaga pendidikan tersebut dalam hal mengupayakan kesejahteraan para pendidik dan pegawai. Hal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Ngada, Bapak Paulus Soliwoa ketika menghadiri acara konser penggalangan dana pengembangan STFK Ledalero di  Aula Gereja paroki St. Yosef Bajawa.konser bajawa 2019 3

Karena itu, sambung Plt. Bupati Ngada tersebut, harus ada keterlibatan pihak luar untuk mendukung berjalannya lembaga pendidikan katolik, secara khusus lembaga pendidikan yang mendidik calon imam. Secara detail, Paulus Soliwoa menyebutkan beberapa pihak yang dapat berkontribusi nyata dalam mendukung proses pendidikan di lembaga pendidikan katolik.

Pertama, pemerintah. Pemerintah berdasarkan aturan punya kewajiban terlibat langsung dalam penyelenggaraan pendidikan. Kedua, masyarakat. Masyarakat juga perlu terlibat langsung dalam mendukung lembaga pendidikan katolik.

“Tanpa campur tangan pemerintah dan masyarakat, saya khawatir pendidikan seminari ke depan akan menjadi seperti pendidikan umum. Tanpa perhatian dan bantuan dari pemerintah dan tanpa keterlibatan umat, harapan masyarakat agar anak-anak dididik di seminari untuk mencapai standar mutu tertentu mungkin sedikit bergeser,” demikian terang Paulus Soliwoa.

Persoalan demikian, tambah Paulus, disebabkan kenyataan bahwa pengembangan kualitas pendidikan di lembaga pendidikan katolik yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, secara pribadi dan sebagai Plt. Bupati, saya mengharapkan dukungan dari masyarakat semua agar memberikan perhatian khusus kepada sekolah seminari, baik seminari menengah maupun seminari tinggi. Plt. Bupati Ngada yang sekaligus menjadi dewan penasihat di paroki tempat tinggalnya bahkan mengusulkan untuk diadakan iuran khusus untuk mendukung pendidikan di lembaga katolik.

“Saya melihat, misalnya di paroki, ada berbagai macam iuran-iuran. Tetapi, mengapa kita tidak berpikir juga untuk mengkreasikan iuran untuk membantu sekolah seminari, dari tingkat menengah maupun di tingkat tinggi. Karena itu, setiap paroki perlu berpikir satu dan sama untuk membantu sekolah-sekolah seminari-seminari baik di tingkat seminari menengah maupun seminari tinggi, sehingga mereka ini tetap eksis dengan tujuan misi yang khusus,” demikian terang Paulus. 

Ide yang dilontarkan oleh Plt. Bupati Ngada tersebut kemudian diamini oleh Rm. Hendrianto Ndiwa, Pr selaku praeses seminari SMP St. Yohanes Berkmans Todabelu. Ide tersebut disebut sebagai ide yang luar biasa. Rm. Hendrianto Ndiwa, Pr menyatakan bahwa kemauan untuk menyumbang pada dasarnya ada dalam diri umat, masyarakat dan pemerintah daerah. Persoalannya adalah, demikian tambah Hendri, mereka tidak tahu persis di mana harus menyumbang.

“Pada intinya, masyarakat dan pemerintah sangat siap untuk memberi dan membantu, tetapi apakah ada ruang bagi mereka. Jadi yang dibutuhkan adalah kerja sama dan kita membuka diri. Seperti pemerintah daerah kabupaten Ngada, pada dasarnya memiliki inisiatif untuk mendukung pendidikan seminari menengah atau seminari pada umumnya”, dimikian kata Hendri.

Dukungan Masyarakat Ngada

Ide yang dilontarkan oleh Plt. Bupati Ngada sedikitnya terrealisasi dalam antusiasme masyarakat dalam pelelangan lagu dan dalam membeli tiket konser penggalangan dana pengembangan pendidikan STFK Ledalero. Masyarakat mendukung pengembangan STFK Ledalero melalui antusiasme masyarakat dalam pelelangan lagu dan pembelian tiket. Jumlah tiket yang habis terjual diperkirakan berjumlah lebih dari 600 lembar. Masyarakat membeli tiket dengan harga bervariasi.konser bajawa 2019 4

Berdasarkan pantauan media ini, masyarakat juga sangat antusias dalam pelelangan lagu. Masyarakat berkontribusi dengan membeli lagu yang dilelang dengan harga yang bervariasi. Masyarakat membeli lagu yang dilelang dengan standar terrendah 1.000.000. Ada masyarakat yang membeli dengan harga 2.000.000, 5.000.000 dan bahkan bapak Paulus Soliwoa sendiri membeli dengan harga 10.000.000. Jumlah dana yang diperoleh melalui pelelangan lagu berkisar pada angka 48.500.000.

Malam Panggilan dan Malam Hiburan

Kehadiran keluarga besar STFK Ledalero dalam konser di aula paroki St. Yosef Bajawa bukan hanya menjadi malam hiburan tetapi juga menjadi malam panggilan. “Saya berpikir, malam hari ini bukan hanya menjadi malam hiburan tetapi juga menjadi malam panggilan. Dengan penampilan-penampilan para frater, mahasiswa dan mahasiswi STFK Ledalero, saya berharap anak-anak kita terpanggil untuk sekolah di STFK Ledalero dan belajar filsafat. Mudah-mudahan juga kemudian ada yang dipanggil untuk menjadi seorang imam”, demikian tambah Paulus.

konser bajawa 2019 13Konser STFK Ledalero di aula paroki St. Yosef Bajawa sekaligus menjadi malam hiburan bagi masyarakat kota Bajawa. Setelah dimintai konfirmasi oleh media ini, tiket dari berbagai kelas yang terjual untuk malam hiburan di kota Bajawa diperkirakan  lebih dari 600 lembar. Masyarakat kota Bajawa memenuhi kursi yang disiapkan oleh panitia. Malam hiburan di kota dingin ini dimeriahkan oleh kehadiran paduan suara seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu dan SMAK Regina Pacis Bajawa. Aldo Longa, salah satu siswa SMAK Regina Pacis yang masih berkontes di The Voice Indonesia edisi 2019, juga hadir dalam paduan suara SMAK Regina Pacis Bajawa yang tampil malam itu. 

Seperti diakui oleh Wakil Kepala Sekolah SMAK Regina Pacis Bajawa, bapak Gabriel Idrus, penampilan STFK Voice dan para pengisi acara pada malam hiburan tersebut sangat memuaskan. Bapak Idris, dimikian ia disapa, secara khusus mengapresiasi penampilan STFK Voice dan berterima kasih karena menyuguhkan konser yang memukai pada malam hiburan tersebut. Penampilan STFK Voice dan STFK Band juga menjadi sarana pembelajaran bagi SMAK Regina Pacis Bajawa.konser bajawa 2019 6

“Kami sangat berterima kasih kepada STFK Voice Ledalero karena penampilan STFK Voice sangat memukai penonton atau masyarakat Bajawa. Peristiwa ini juga menjadi media pembelajaran khususnya kami di SMAK Regina Pacis Bajawa. Saya secara pribadi dan mewakili lembaga menyampaikan terima kasih banyak kepada STFK Ledalero yang telah menampilkan yang terbaik terutama dalam hal penguasaan panggung, jiwa entertain, kepercayaan diri, koreografi dan kreativitas ”, demikian katanya.

(Arsen Jemarut)


 

Galeri Konser

 

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret ristek dikti