PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

PMA STFK LEDALERO ADAKAN KEGIATAN ENGLISH CAFE

23 November 2018 Mahasiswa

 

Pada Jumat, 23 November 2018, Paguyuban Mahasiswa Awam (PMA) STFK Ledalero mengadakan kegiatan English Cafe. Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa awam, juga beberapa orang seminarian. English Cafe merupakan salah satu program dalam Kalenderium PMA STFK Ledalero Tahun 2018 yang diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris, khususnya latihan berbicara dalam bahasa Inggris (English Speaking). English Cafe jugamerupakan tempat bagi mahasiwa untuk berdiskusi, bertukar pikiran dan memberikan pendapat sambil ngopi bareng.

Kegiatan English Cafe kali ini merupakan English Cafe yang diadakan untuk kedua kalinya. English Cafe kali pertama diselenggarakan pada Jumat, 26 Oktober 2018 dengan topik Little Thing Called Love. Sementara itu, topik yang diangkat dalam kegiatan English Cafe kali kedua ini ialah From Zero to Hero.from zero to hero PMA 2018 4

Ibu Aloysia Berlindis Lasar, S.Pd., M.Pd. atau yang akrab disapa Ms. Erlin Lasar mengatakan bahwa kegiatan English Cafe merupakan sebuah kesempatan yang amat baik bagi mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris dengan baik. Kegiatan ini juga sebenarnya bertujuan untuk memantik keberanian dan semangat setiap mahasiswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Sebagai English Lecture dan juga mentor dalam kegiatan ini, Mis Erlin Lasar menginginkan agar setiap mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini tidak hanya sekadar hadir dan mendengarkan topik yang dibicarakan, tetapi juga harus berani berbicara dalam bahasa Inggris. “I don’t just speak in front of you as a lecturer, then you listen to me, but I want you try and try to speak in English”, demikian tandasnya.

            from zero to hero PMA 2018 6Dalam kegiatan English Cafe, Ms. Erlin Lasar membagi setiap mahasiswa yang hadir ke dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi bersama mengenai topik yang diangkat. Diskusi tersebut diawali dengan dua pertanyaan penuntun yang diajukan oleh Ms. Erlin Lasar, yaitu What is zerofor you or what is your zero? And what is hero for you or what is your hero? Kedua pertanyaan ini dijawab oleh masing-masing mahasiswa dalam kelompok tersebut. Fransiskus Septian Iku atau yang sering disapa Tian, salah satu mahasiswa semester satu, menjawab dua pertanyaan tersebut. “For me, my zero is I can’t see the face of God and my hero is the holy bible, because when I read the holy bible, I can feel the presence of God and I can see the face of God”, demikian ungkap Tian, yang kemudian mendapat komentar balik dari Ms. Erlin, “That is very theological”.  

from zero to hero PMA 2018 3P. Ignas Ledot, SVD, moderator PMA STFK Ledalero, di akhir kegiatan ini, menyampaikan apresiasinya kepada segenap mahasiwa awam yang telah menyelenggarakan kegiatan English Cafe ini. Beliau berharap agar kegiatan English Cafe tidak hanya berhenti di sini, tetapi harus tetap dijalankan seterusnya. Beliau juga berharap agar setiap mahasiswa menjadi mahasiwa-mahasiwa yang hebat dalam berbahasa Inggris. Menurut beliau, di zaman yang serba modern ini, semua bidang kehidupan, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan, sangat menuntut setiap orang untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik. “Saya berharap agar kamu kelak menjadi orang-orang yang hebat (hero), yang bisa berbahasa Inggris. Memang berbicara dalam bahasa Inggris pada awalnya sangat sulit, karena bahasa Inggris bukan kita punya bahasa, tetapi bagaimana pun juga kalian semua harus tetap berlatih dan berani untuk berbicara bahasa Inggris”, demikian kata Pater Ignas. (tos)

           

 

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret kopertis8