PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

SENAT MAHASISWA STFK LEDALERO ADAKAN LIVE IN DI KOMUNITAS PANTI ASUHAN ALMA

01 May 2018 Mahasiswa

Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero mengadakan live in di Komunitas Panti Asuhan Alma, Wairklau- Maumere. Program ini diprakarsai secara khusus oleh Seksi Aksi Sosial Senat Mahasiswa, Haris Meo, dkk. Live in sosial dengan adik-adik di Panti Alma ini berlangsung selama dua hari (Senin, 1 Mei sampai Selasa, 2 Mei 2018) dengan konsep “terlibat-merasa-solider”.

Senin, pukul 16.30, dengan menggunakan truk Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, rombongan mahasiswa STFK Ledalero tiba di Panti Asuhan Alma, disambut dengan ramah oleh Sr. Paulin, pemimpin komunitas Panti Asuhan Alma beserta anak-anak penghuni Panti Asuhan. Selanjutnya, semua mahasiswa langsung diarahkan menuju aula Panti Asuhan.

Di dalam aula, para mahasiswa STFK Ledalero berbaur bersama anak-anak “berkebutuhan khusus” yang menghuni Panti Asuhan Alma. Ada anak-anak tunadaksa, tunarungu, tunagrahita dan tunanetra. Ada juga anak-anak yang tidak mempunyai orang tua (yatim-piatu). Semuanya bergabung menjadi satu keluarga dalam Panti Asuhan Susteran Alma.

Kegiatan di aula dimulai dengan perkenalan dari para mahasiswa STFK Ledalero, juga perkenalan dari kakak-kakak pendamping anak-anak Panti Alma. Selanjutnya pelbagai bentuk kreasi mulai dari lagu-lagu, yel-yel, tepuk-tepuk hingga goyang-goyang a la Sekami ditampilkan oleh para mahasiswa di atas panggung dan diikuti oleh anak-anak penghuni panti. Anak-anak terlihat sangat antusias menyaksikan dan ikut mengikuti aksi para mahasiswa bernyanyi, bermain musik dan bergoyang di atas panggung.

Acara malam itu ditutup dengan nonton film bersama. Senat Mahasiswa memutar sebuah film berjudul “Jembatan Pensil”. Film ini berkisah tentang tokoh Ondeng, seorang laki-laki piatu yang memiliki keterbelakangan mental. Ondeng mengenyam pendidikan SD di sekolah gratis yang cukup jauh dari rumahnya. Film ini juga melukiskan cerita persahabatan antara Ondeng dan teman-teman sekelasnya. Dalam perjalanan ke sekolah, Ondeng selalu menunggu teman-temannya yang datang ke sekolah dengan menyeberangi sebuah jembatan yang mulai rapuh. Kesetiakawanan Ondeng ditunjukkan dengan menjaga keselamatan teman-temannya pada saat menyeberangi jembatan rapuh tersebut. Pada suatu ketika, jembatan itu rubuh. Namun semangat Ondeng dan teman-temannya tak pernah pupus untuk tetap ke sekolah.

Film inspiratif ini begitu menggugah hati para penonton teristimewa anak-anak Panti Asuhan Alma sendiri. Dado, salah seorang anak Panti Alma mengungkapkan perasaannya bahwa dirinya sempat meneteskan air mata ketika sedang menonton film tersebut. Dado, putra Maumere ini, merasa begitu terharu dengan tokoh si Ondeng yang berperilaku sangat baik terhadap teman-temannya. Acara nonton film bareng tersebut mengakhiri rangkaian kegiatan pada hari pertama.

Pada hari kedua, tepat pukul 05.00, kegiatan aksi sosial bersama anak-anak Panti Alma kembali dibuka dengan senam bersama yang dipimpin langsung oleh mahasiswa STFK Ledalero. Deni Galus, Toni Mbukut dan Karlo Madur memimpin senam pagi di aula diiringi alunan musik-musik penuh semangat. Pada waktu yang bersamaan, Julio Huller dan Flori Koten turut membantu para pendamping anak-anak panti untuk memasak di dapur. Keterlibatan para mahasiswa tersebut merupakan tanda solidaritas yang dilakukan atas dasar rasa gembira dan tulus hati.

Tepat pukul 06.00, semua berarak ke kapela untuk mengikuti perayaan ekaristi bersama yang dipimpin langsung oleh Rm. Mans belang, O. Carm. Liturgi ditanggung oleh para mahasiswa dari Ledalero. Setelah sarapan bersama, anak-anak panti dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan minatnya masing-masing. Ada yang tergabung dalam kelompok akademik (baca-tulis), kelompok mendongeng, kelompok menggambar-mewarnai dan juga kelompok musik. Masing-masing kelompok didampingi langsung oleh para mahasiswa STFK Ledalero. Anak-anak tampak bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Selanjutnya, buah karya dari masing-masing kelompok berupa tulisan, lukisan, hasil mewarnai gambar yang dilakukan dalam kelompok siap dipajang di aula. Dari kelompok musik, anak-anak juga diberi kesempatan untuk bernyanyi dan memainkan musik di atas panggung. Setelah itu, iringan musik dan lagu-lagu Sekami yang dipimpin oleh Toni Mbukut, dkk kembali mewarnai semarak-kegembiraan kegiatan ini.

Pada akhir kegiatan, Haris Meo, koordinator kegiatan aksi sosial ini menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak komunitas Panti Asuhan Susteran Alma yang telah bersedia menerima kehadiran para mahasiswa STFK Ledalero. “Kegiatan aksi sosial ini memang fana tapi pengalaman-pengalaman yang ada di dalamnya adalah abadi,” ungkap Haris. Para mahasiswa juga mempersembahkan sebuah lagu berjudul “Kemesraan” sebagai tanda bahagia sekaligus rasa syukur terhadap seluruh rangkaian kegiatan ini. Senat Mahasiswa STFK Ledalero juga menyumbangkan sebuah dus berisi perlengkapan sekolah (buku-buku dan alat tulis) kepada pihak komunitas Panti Asuhan Alma.

Setelah itu, Suster Paulin dalam sambutannya mewakili pihak susteran Alma, juga mengungkapkan terima kasihnya kepada para mahasiswa STFK Ledalero yang telah memberikan kasih kepada anak-anak panti. “Anak-anak sangat bergembira dan menikmati semua ini. Anak-anak akan terus mengingat pengalaman kasih ini,” kata suster Paulin. Ungkapan kegembiraan dan terima kasih diekspresikan dalam sebuah lagu bersama yang dibawakan oleh kakak- kakak pendamping komunitas panti Asuhan Alma.  Seluruh rangkaian kegiatan ini lalu ditutup dengan foto bersama.

Red. FBK.  


alma1  alma 9  alma 7

alma 6  alma 5  alma 4

alma 3  alma 2

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret kopertis8