PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual Informas...

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

PROGRAM STUDI S1 FILSAFAT TERAKREDITASI : B SK BAN-PT : 1985/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/20...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

SILATURAHMI LINTAS IMAN MAHASISWA PASCA SARJANA STFK LEDALERO

07 February 2019 Mahasiswa

Pada hari Kamis 07 Februari 2019, belasan mahasiswa Pasca Sarjana STFK Ledalero bersama dosen pendamping Pater Henrikus Maku, SVD, mengadakan silaturahmi ke sejumlah rumah ibadah di seputaran Kota Maumere. Adapun rumah-rumah ibadah yang dikunjungi antara lain Pura Agung Waidoko, Vihara Pancaran Dharma Maumere, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Jemaat Maranatha Maumere (GPPS Maranatha), Masjid Al-Mujahidin Geliting, Masjid Ar Razaq Geliting, dan Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Jemaat Efata Kewapantai.

Kunjungan ini merupakan implementasi dari kuliah Ilmu Perbandingan Agama yang diampuh oleh Pater Hendrikus Maku, SVD dan diikuti oleh 12 mahasiswa. Melalui kegiatan silaturahmi ini, para mahasiswa tidak hanya mempelajari konsep tentang agama-agama lain di dalam ruang kuliah tetapi juga mengalami perjumpaan secara langsung dengan penganut agama-agama lain. “Dalam kuliah Ilmu Perbandingan Agama, kami tidak hanya berbicaratentang agama-agama tetapi lebih daripada itu kami berbicaradengan penganut agama-agama tersebut”, demikian penjelasan Pater Hendrik.

Kedatangan para mahasiswa disambut hangat oleh perwakilan dari jemaat-jemaat yang rumah ibadahnya dikunjungi. Dalam silaturahmi yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit di setiap rumah ibadah, para mahasiswa berkesempatan untuk meyampaikan pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara garis besar meliputi hal-hal praktis dari praktik keagamaan, sejarah kehadiran dan perkembangan umat di Maumere, bentuk-bentuk keterlibatan dalam kehidupan sosial-bermasyarakat, sampai kepada hal-hal yang bersifat teologis.

Kegiatan silaturahmi ini juga menjadi momen untuk membina keakraban dan menguatkan tali persaudaraan antarpenganut agama-agama. Hal ini cukup beralasan mengingat agama-agama tidak hanya berbicara tentang relasi seseorang dengan Tuhan tetapi juga relasinya dengan sesama dan lingkungannya. Hal ini diungkapkan oleh Bapak Ayub, salah seorang imam di Masjid Al-Mujahidin Geliting dalam sambutan singkatnya. “Dalam Islam, ada dua jenis hubungan. Hubungan vertikal, yakni hubungan manusia dengan Allah yang dihidupi lewat beribadah/sholat, dan hubungan horisontal, yakni hubungan antara manusia dengan sesamanya. Hubungan horisontal terdiri atas tiga bentuk, yakni hubungan persaudaraan sesama anak bangsa, hubungan persaudaraan sesama manusia, dan hubungan persaudaraan Islamiah.” 

Yanuarius Jemi Tafuli, salah seorang mahasiswa, memberikan kesan positif terhadap pelaksanaan kegiatan silaturahmi ini. Baginya, dialog sederhana seperti ini merupakan awal yang baik untuk sebuah upaya membangun relasi persaudaraan dan persahabatan di antara para penganut agama-agama. “Melalui dialog yang terbuka dari hati ke hati, hal-hal yang belum dipahami mendapat penjelasan yang semestinya. Pengetahuan yang diperoleh ini pada akhirnya membantu kita untuk melihat secara lebih objektif agama-agama dan bagaimana para penganut mempraktikan ajaran agamanya. Dengan demikian akan muncul sikap hormat dan menghargai dari penganut agama yang satu terhadap penganut agama yang lain,” imbuh calon misionaris Serikat Sabda Allah asal Pulau Timor ini. Hal senada diungkapkan oleh Ibu Amanda, Pendeta pada Gereja GMIT Jemaat Efata di sela-sela perbincangannya dengan para mahasiswa. “Kegiatan ini menjadi kesempatan untuk saling belajar, saling memberi, dan saling menguatkan antarpenganut agama.” Kegiatan silaturahmi ini berakhir dengan acara minum sore bersama dengan Pendeta Amanda.

IMG 20190207 WA0071IMG 20190207 WA0064IMG 20190207 WA0050IMG 20190207 WA0028

 

sinta kover ritapiret PDDIKTI jurnal JL ristek dikti verbum svd universitas kepausan gregoriana seminari ledalero perpus plti