PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

STFK LEDALERO GELAR KULIAH UMUM TENTANG BAHAYA MEROKOK

24 February 2018 Mahasiswa

kul umum rokok 1Dalam rangka memperingati hari TBC sedunia pada 24 Maret 2018, Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero mengadakan kuliah umum yang dilangsungkan di Aula St. Thomas Aquinas Ledalero, Sabtu (24/02). Kuliah umum bertema Bahaya Merokok ini dibawakan langsung oleh dokter Asep Purnama dan dimoderatori oleh Pater Paskalis Lina. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan Puskesmas Nita serta didukung oleh Laboratorium Klinik Mahardika dan produk minuman nutrisi kable.

Pater Bernardus Raho selaku ketua STFK Ledalero dalam sambutan pembukaan kuliah umum ini, menguraikan tentang praktik merokok dalam kehidupan masyarakat. Menurutnya, praktik merokok merupakan suatu hal yang telah menjadi kebiasaan di tengah masyarakat. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan sebuah harapan kepada setiap peserta kuliah agar bisa mengambil keputusan yang bijak dan terbaik setelah kuliah umum selesai dilaksanakan. “Semoga dengan materi kuliah umum ini, para perokok terbantu untuk memutuskan agar segera berhenti merokok, dan bagi yang tidak merokok agar bisa mengevaluasi bahaya merokok bagi kesehatan”, tegas Pater Bernard.kul umum rokok 6

Selanjutnya dokter Asep dalam pemaparan materinya berbicara banyak tentang bahaya merokok dan praktik gaya hidup sehat. Beliau menganalogikan perilaku merokok dengan perilaku membuang uang. Orang yang merokok akan membuang uang dan menyakiti diri sendiri (perokok aktif) dan juga orang lain (perokok pasif). Lebih lanjut, dalam pemaparan materinya, beliau juga menyinggung soal tanggung jawab negara terhadap perokok dan persoalan merokok.

Menurutnya merokok telah menyebabkan berbagai masalah kasehatan dan juga sedikitnya memberikan sumbangsih terhadap terjadinya pemanasan global. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh lembaga penelitian menunjukkan NTT sebagai tempat kedua pengonsumsi rokok terbanyak dalam skala nasional. Ironisnya, produksi rokok dari tahun ke tahun terus meningkat dengan target utamanya adalah remaja. Di akhir pemaparan materinya, dr. Asep menyampaikan perihal manfaat berhenti merokok dan cara-cara yang dapat ditempuh untuk berhenti merokok.

kul umum rokok 4Kegiatan perkuliahan umum dimulai dengan pemeriksaan gratis bagi semua peserta kuliah termasuk para dosen dan pegawai STFK Ledalero. Adapun pemeriksaan ini mencakupi wawancara kesehatan, pengukuran tekanan darah, tinggi dan berat badan, pemeriksaan gula darah serta dan layanan konseling serta dilengkapi dengan pemenuhan nutrisi bagi kesehatan.

Seluruh rangkaian kegiatan perkuliahan umum ini ditutup dengan pembagian hadiah oleh dr. Asep kepada para peserta kuliah yang telah berpartisipasi dengan menyampaikan pertanyaan dan selanjutnya ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari STFK Ledalero kepada dr. Asep Purnama.

(Red. YS/MK).

seminari ledalero ristek dikti alberta kanada2 perpus cogito plti sinta kover penerbit ritapiret kopertis8