PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

Formulir Pendaftaran Program S1 Filsafat Agama Formulir Pendaftaran Program S2 Teolog...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

STFK VOICE TAMPIL LUAR BIASA

19 January 2019 Mahasiswa

STFK Voice dan STFK Band kembali menggelar konser di Kota Ende pada Minggu (20/1). Ende menjadi kota kedua dari beberapa kota di daratan Flores yang menjadi tuan rumah pergelaran konser STFK Voice dan STFK Band. Pergelaran Konser di Ende diselenggarakan di Auditorium H. J. Gadi Djou, Ende.

Konser yang bertajuk “Kemilau Emas STFK Ledalero” ini diselenggarakan dalam rangka merayakan pesta emas STFK Ledalero. Selain mengadakan seminar internasional, seminar nasional, kegiatan sosial, olahraga, penerbitan buku dan artikel, STFK Ledalero juga menyelenggarakan konser. Konser ini terutama diadakan untuk menggalang dana pengembangan STFK Ledalero ke depan berupa pendirian program studi baru. Hal ini disampaikan oleh Pater Lukas Jua, SVD selaku Provinsial SVD Ende dalam kata sambutan pembuka konser. Pater Lukas meresmikan pembukaan konser dengan menabuh drum sebanyak tiga kali.

“Sampai saat ini, STFK Ledalero hanya memiliki dua program studi, yakni filsafat dan teologi. Dari segi perkembangan kelembagaan, lembaga ini sebetulnya tidak berkembang karena tidak ada program studi baru. Karena itu, pada tahun ini, sambil tetap mengutamakan kekhasannya yakni filsafat dan teologi, STFK Ledalero akan membuka program studi baru. Untuk membuka program studi baru yang mendukung program utamanya, kami menyelenggarakan konser ini untuk meminta dukungan bapak ibu saudara sekalian dalam pengembangan program studi baru ini, ” demikian kata Lukas.konser ende 2019 1

Luar Biasa dan Mengagumkan

Masyarakat yang menghadari konser tersebut sangat mengapresiasi penampilan STFK Voice dan STFK Band. Masyarakat terkesima dengan koreografi dan kreativitas para penyanyi dalam berkomunikasi dengan para penonton. Penampilan para penyanyi STFK Voice dan STFK Band sangat luar biasa sehingga sangat diharapkan konser kreatif seperti ini dapat diulang kembali di kemudian hari. Ungkapan demikian dinyatakan oleh bapak John Ire, salah seorang masyarakat yang menghadiri konser, ketika dimintai komentar oleh media ini.

konser ende 2019 4“Ini penampilan yang luar biasa. Tidak gampang bernyanyi sambil menari. Berkomunikasi dengan penonton secara lebih kreatif. Mereka mampu bermusik dan bernyanyi dengan sangat komunikatif. Itu semua adalah hal yang luar biasa. Saya berpendapat bukanlah suatu yang mudah untuk mengorganisir sekian banyak unsur alat musik dan tari sebagai sebuah harmoni. Jadi, bagi saya, itu semua adalah hal yang luar biasa,” demikian kata John.

Selain itu, John juga menambahkan bahwa penampilan yang kreatif, komunikatif dan harmonis itu menjadi pembuktian bahwa para mahasiswa STFK Ledalero yang belajar filsafat dan sering dianggap sebagai pribadi yang serius dan kaku ternyata mampu bermusik dan bernyanyi dengan sangat baik dan menampilkan koreografi yang baik. Itu semua tentu sangat mengagumkan, demikian tambah John.

Frando Choir

Konser yang diselenggarakan oleh panitia lokal yang terdiri dari para alumni STFK Ledalero ini juga dimeriahkan oleh Frando Choir dan Dian Sorewea. Frando Choir yang beranggotakan 33 orang ini berhasil meraih emas pada Bali International Choir Festival (BICF) pada tahun 2018 lalu. BICF ini merupakan festival yang dilaksanakan setiap tahun oleh Bandung Choral Society. Frando Choir pada saat ini masih mempersiapkan diri untuk mengikuti festival Oriental Consensus yang dilaksakan di Singapura.konser ende 2019 15

Masing-masing bintang tamu menghibur para penonton dengan lagu-lagu yang berbeda. Dian Sorowea mempersembahkan dua lagu yakni lagu You Are the Reason dan single milik Dian Sorowea sendiri berjudul ‘Karena Su Sayang’. Frando Choir di bawah arahan konduktor bapak Honoratus Taga mempersembahkan beberapa lagu yakni lagu Senja di Pelabuhan Kecil, diaransemen dari puisi Chairil Anwar, lagu Cantate Domino dan lagu Cru Hay.

Kesempatan hadir dalam konser STFK Voice dipakai pula oleh para personil Frando Choir sebagai kesempatan untuk belajar banyak dari penampilan yang ditunjukkan oleh para anggota STFK Voice. Hal itu dinyatakan oleh bapak Honoratus Taga ketika diwawancarai oleh media ini.

“Mereka semua masih SMA dan masih harus belajar banyak dari orang-orang berpengalaman. Apalagi ini adalah tampilan dari STFK Ledalero yang notabene adalah seminari. Mereka perlu menggali ilmu-ilmu dari berbagai kesempatan seperti konser malam hari ini. hal-hal yang baik diambil kemudian dikembangkan,” demikian kata konduktor FRANDO Choir.

Gencarkan Promosi

konser ende 2019 9Bapak Anton Ire, masyarakat yang ikut menonton pergelaran konser tersebut, sangat menganjurkan agar pergelaran konser tersebut perlu dipromosikan secara gencar. Diupayakan agara semakin banyak masyarakat yang mendapat informasi terkait konser tersebut. “Panitia lokal konser perlu mempromosikan acara konser tersebut dengan gencar. Ini adalah tampilan yang kreatif, baru dan berbeda dari konser yang sering ditonton selama ini. Karena itu, promosi perlu diakukan secara gencar agar masyarakat memperoleh informasi terkait konser ini,” demikian kata Anton.

Sebagai informasi tambahan, STFK Voice dan STFK Band juaga akan mengadakan konser di beberapa kota selanjutnya. Konser di Kabupaten Ngada akan dijalankan pada Selasa, 22 Januari 2019 bertempat di Aula Gereja St. Yosef Bajawa dan dimulai pukul 19.00 WITA. Setelah di Kabupaten Ngada, konser dilanjutkan di Kabupaten Nagekeo. Konser di Kabupaten Nagekeo akan dilaksanakan pada 24 Januari 2019 bertempat di Aula Sekda Mbay dan dimulai pukul 19.00 WITA. Konser terakhir akan dilaksankan di Kabupaten Flores Timur pada 02 Februari 2019. konser ende 2019 7

Kerja Sama.

Konser yang dipandu oleh host Oston Gadi Kapo dan Oyen Feto ini berlangsung dengan sangat meriah, apik dan didukung oleh tata lampu yang modern. Bapak Oston selaku salah satu anggota panitia lokal menyatakan bahwa kesuksesan acara konser tersebut merupakan hasil kerja sama berbagai pihak. Secara khusus, panitia lokal mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten Ende, Yayasan Perguruan Tinggi Flores Uniflor, KOMSOS Keuskupan Ende, Komunitas Ide Kreatif Ende (KOMIK), Wings Food, Beni Laca Decoration, para distributor tiket dan alumni di kota Ende yang ikut terlibat aktif.    

(Arzen Jemarut)


 

Galeri Konser
ritapiret PDDIKTI jurnal JL ristek dikti universitas kepausan gregoriana seminari ledalero perpus plti alberta kanada2 cogito