PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi Program

Informasi Program S1 Filsafat Agama Informasi Program S2 Teologi Kontekstual Informas...

Pendaftaran Online

Isilah dengan lengkap Formulir Biodata Pendaftaran Mahasiswa Baru. (Bukti Pembayaran ...

Unduh Brosur Pendaftaran

PROGRAM STUDI S1 FILSAFAT TERAKREDITASI : B SK BAN-PT : 1985/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/20...

Pengumuman

 o Informasi Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana (S1) Filsaf...

STFK LEDALERO RESMIKAN SANGGAR MUSIK LITURGI ARNOLDUS STFK LEDALERO

07 September 2019 Public

Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero berkomitmen mengembangkan kesenian musik liturgi dan kesejahteraan finansial para pegawai dengan mengoperasionalkan Sanggar Musik Liturgi Arnoldus dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sang Sabda.

Upacara peresmian ini dibuka dengan Ibadat Sabda pemberkatan Sanggar Musik Liturgi Arnoldus  oleh Superior General Serikat Sabda Allah, P. Paulus Budi Kleden, SVD pada hari Sabtu, 07/09/2019. Turut hadir dalam upacara ini, Provinsial SVD Ende, Provinsial SVD Ruteng, Ketua Yayasan Persekolahan Santu Paulus Ende, Ketua STFK Ledalero, Pimpinan Sekolah, Para Dosen, Mahasiswa/i dan para pegawai.

Dalam kotbahnya, Pater Superior menekankan pentingnya visi dalam mengerjakan sesuatu. Menurut beliau, visi harus sudah ada pada awal dan menjadi dasar dari semua yang kita kerjakan. Visi itulah yang memberikan roh untuk menyelesaikan pekerjaan dan membantu kita menghadapi pelbagai macam kesulitan.

“Visi harus sudah ada pada awal. Kalau kita mempunyai visi yang jelas, kita dapat memulai sesuatu dan berusaha untuk menyelesaikannya. Visi yang jelas mesti ada pada awal, kalau tidak kita akan membangun sesuatu yang pasif. Memiliki visi yang selalu harus diperbaharui, dihadirkan kembali untuk dapat memberikan semangat kepada kita yang menyelenggarakan lembaga, yang menyelenggarakan sanggar, juga bagi kita masing-masing. Visi hidup kita membantu kita untuk mengatasi berbagai kesulitan yang kita hadapi.”peresmian asanggra dan koperasi 4

Visi pengoperasionalan sanggar musik ini adalah menanamkan kepekaan estetis bagi mahasiswa/i dan masyarakat luas.

 “Mari kita mendengarkan pentingnya estetika dalam pembentukan iman, dalam pembentukan kepribadian seorang yang sedang belajar filsafat dan teologi. Karena itu visi dari sanggar musik ini adalah menanamkan kepekaan estetis bagi para calon imam dan awam yang belajar di kampus ini dan juga kepekaan estetis untuk masyarakat luas,” kata Pater Budi dalam kotbahnya.

Keharmonisan yang menjadi ciri khas kesenian dapat diaplikasikan dalam menjalankan program-program lain termasuk dalam operasional Koperasi Simpan Pinjam Sang Sabda. Hal ini ditegaskan oleh Pater Budi dalam kotbahnya.

“Kalau berbicara tentang kesenian, kita berbicara tentang keharmonisan. Maka koperasi akan berfungsi kalau ada keharmonisan dan kerja sama.”

Tujuan KSP Sang Sabda: Meningkatkan Kesejahteraan Pegawai dan Tenaga Pendidikan

Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero menyadari peranaan besar para pegawai dan tenaga pendidikan dalam keseluruhan proses pendidikan di lembaga ini. Oleh karena itu, kesejahteraan para pegawai dan tenaga pendidikan perlu diprioritaskan. Demi mencapai tujuan itu, didirikanlah Koperasi Simpan Pinjam Sang Sabda. Hal ini disampaikan oleh P. Maximus Manu, SVD saat menyampaikan sambutan mewakili pimpinan sekolah.

“Salah satu program kami pimpinan sekolah periode 2019-2024 adalah meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan kita. Selama ini para pegawai biasanya meminjam uang di bank atau di kopdit dengan bunga yang besar dan kadang-kadang mereka juga meminjam uang di kantor keuangan walaupun dari segi aturan kita tidak boleh meminjamkan uang kepada para pegawai kita karena kita adalah lembaga nirlaba. Tapi mempertimbangkan kebutuhan mereka kadang kami memberikan pinjaman maksimum satu juta dan dibayar selama sepuluh bulan. Karena itu kami coba melihat alternatif lain bagaimana meningkatkan kesejahteraan, membantu para pegawai dan tenaga kependidikan kita. Dalam pertemuan bulan lalu kami putuskan untuk membentuk sebuah KSP hanya untuk pegawai kita ke dalam. Karena itu kami memberi nama KSP Sang Sabda STFK Ledalero.”

peresmian asanggra dan koperasi 7KSP Sang Sabda memiliki sebuah logo dengan lima unsur yaitu Salib, Tangan yang saling menggenggam, Lingkaran yang menyatu dengan salib, Nama Koperasi Sang Sabda dalam lingkaran dan Warna Biru.

Salib melambangkan keselamatan semua kita orang-orang beriman dan Tangan yang saling menggenggam melambangkan kumpulan orang-orang yang mau bersatu dan berjuang bersama demi mencapai satu tujuan bersama. Lingkaran yang menyatu dengan salib merupakan persekutuan orang-orang yang berjuang bersama dalam terang iman akan Sabda Allah. Sedangkan Nama koperasi Sang Sabda dalam garis lingkaran menegaskan bahwa Koperasi Sang Sabda STFK Ledalero akan terus hidup dan berada untuk anggota-anggotanya. Dan warna biru merupakan lambang harapan.

Adapun visi KSP Sang Sabda adalah terbentuknya Koperasi Simpan Pinjam yang berkualitas. Untuk mencapai visi itu, KSP Sang Sabda memiliki empat misi yaitu pertama menjalankan usaha kegiatan simpan pinjam yang efektif, efisien dan transparan; kedua menjalankan pelayanan prima kepada para anggota; ketiga, menjalankan manajemen organisasi secara transparan dan akuntabel; dan keempat menjalankan pendidikan anggota secara rutin dan berdaya guna. KSP ini memiliki satu tujuan yakni meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Peletakan Batu Pertama Bak Air

Selain peresmian Sanggar Musik Liturgi Arnoldus dan KSP Sang Sabda STFK Ledalero, pada hari ini diadakan pula acara peletakan batu pertama untuk membangun sebuah bak penampung air. STFK Ledalero sudah lama membutuhkan bak penampung air untuk dipakai pada musim kering. Pembangunan bak penampung air ini didanai oleh pemerintah Propinsi NTT dengan kisaran dana sebesar tiga ratus juta rupiah.peresmian asanggra dan koperasi 16

Hal ini disampaikan oleh P. Maximus Manu, SVD dalam sambutan mewakili pimpinan sekolah. “Ledalero sudah lama membutuhkan satu buah bak air untuk menampung air sehingga bisa dipakai pada musim kering. Kami coba berpikir dan berusaha untuk menggalang dana dan puji Tuhan dalam rangka pesta emas STFK Ledalero, Pemerintah Provinsi NTT bersedia untuk membantu kami membangun sebuah bak air dengan total anggaran sekitar tiga ratus juta yang sedianya akan diserahkan oleh Bapak wakil gubernur besok (Minggu 08/09/2019, red.)”

(Tommy Duang)

 

peresmian asanggra dan koperasi 4peresmian asanggra dan koperasi 21peresmian asanggra dan koperasi 19peresmian asanggra dan koperasi 13peresmian asanggra dan koperasi 12peresmian asanggra dan koperasi 11peresmian asanggra dan koperasi 8peresmian asanggra dan koperasi 2

 

alberta kanada2 cogito penerbit ristek dikti sinta kover ritapiret PDDIKTI jurnal JL ristek dikti verbum svd